Jumat, 03 November 2017

Yuk Kenali Teknik Phising yang Harus Anda Tahu

Memang sampai saat ini permasalahan hacking masih saja menjadi masalah yang ramai dibicarakan. sebenarnya terdapat satu teknik yang dikenal dengan nama phising. Dengan memakai teknik tersebut, para hacker dapat mencuri banyak data pribadi yang dimiliki orang umum. Tentu saja hal itu terasa sekali dalam kasus kejahatan digital terbesar yang sudah terjadi di tahun lalu dimana hacker sukses mengambil data jutaan email yang ada di bawah Yahoo.
Lantas apakah phising itu serta bagaimana cara mencegah hal tersebut?
Phising merupakan sebuah tindakan untuk mendapatkan informasi pribadi. Sebagai contohnya ID User, Nomor Rekening Bank, Password dan berbagai data penting lainnya yang dilakukan dengan menyamar dirinya sebagai seseorang atau organisasi yang dianggap berwenang mengetahui data melalui jalur komunikasi digital.
Phising itu asalnya dari fishing yang kemudian sengaja diubah huruf F jadi PH. Karena di masa lalu, hacker lebih menyukai huruf PH dibandingkan F. Jadi bisa dibilang Phising adalah kegiatan untuk memancing di dunia maya. Memang biasanya hacker mempersiapkan sebuah situs palsu yang diubah layaknya situs yang sebenarnya atau asli.
Nantinya situs itu akan disebar ke berbagai email, media sosial layaknya whatsapp, bbm dan masih banyak lagi. Kemudian sang hacker hanya tinggal menunggu waktu hingga terdapat seseorang yang rela menjadi korban. Setelah terdapat korban, maka hacker dapat mempunyai jalan menuju akun sang korban.
Coba bayangkan jika ternyata situs yang dipalsukan adalah situs perbankan. Pastinya hal itu akan sangat merugikan untuk sang korban. Belum lagi terdapat kemungkinan uang yang ada di dalam rekening bisa saja dikosongkan oleh pejahat digital tersebut.
Untuk itu Kita perlu mencegah hacking phising diantaranya dengan:
  1. Perhatikanlah URL laman yang sering di datangi. Jika Anda sering datang ke http://cyb3rwarrior.blogspot.co.id/ maka penjahat digital akan menutupi situs palsu itu dengan https://cyberwarriors.blogspot.co.id/. Jika dilihat  sekilas memang hampir sama. Perbedaannya  terletak di laman https://cyb3rwarrior.blogspot.co.id/ yang asli memakai angka 3 dan yang palsu dengan huruf e dan menambahkan huruf s.
  2. Mengabaikan email dimana pengirimnya tak dikenal jika memang diperlukan tak ada salahnya email tersebut untuk dihapus.
  3. Berhenti lakukan unduhan software di laman yang tak jelas.
Jika telah terlanjur kena hack, apa yang harus dilakukan?
Ternyata Anda masih dapat melakukan akses ke dalam akun maka segeralah mengganti password. Ingatlah bukan hanya Anda yang terkena hack, bisa jadi banyak akun lain yang ada di internet pun bernasib sama.  
Tetapi jika akun sudah tak dapat diakses maka ada baiknya untuk melakukan pengawasan akan gerak-geriknya karena bisa saja memperoleh petunjuk yang penting. Tetapi jika itu berhubungan dengan akun perbankan maka ada baiknya untuk memberikan informasi tersebut kepada bank atau polisi.
Jika telah terlanjur hal tersebut terjadi maka segeralah memberikan informasi jika akun telah terkena hack dan segeralah memberitahukan jika terjadi tindakan yang berhubungan dengan akun yang di-hack bukan lagi tanggung jawab Anda lagi. Itulah beberapa informasi tentang hacking dengan teknik phising beserta cara mencegahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com